๐ŸŒฟ Bab Hukum Mendatangi Dukun

๐Ÿ”ฐBULETIN AL-IMAN

Kitab Tauhid (25)
๐ŸŒฟ Bab Hukum Mendatangi Dukun

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya, dari salah seorang istri Nabi, bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ ุนูŽุฑู‘ูŽุงูู‹ุง ููŽุณูŽุฃูŽู„ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ ุดูŽูŠู’ุกู ููŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ุชูู‚ู’ุจูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ู ุตูŽู„ุงูŽุฉูŒ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนููŠู’ู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง

โ€œBarangsiapa yang mendatangi peramal dan menanyakan kepadanya tentang sesuatu perkara dan dia mempercayainya, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari.โ€

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ ูƒูŽุงู‡ูู†ู‹ุง ููŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ูŽู‡ู ุจูู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽููŽุฑูŽ ุจูู…ูŽุง ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู

โ€œBarangsiapa yang mendatangi seorang dukun, dan mempercayai apa yang dikatakannya, maka sesungguhnya dia telah kafir (ingkar) terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad.โ€ (HR. Abu Daud).

Dan diriwayatkan oleh empat periwayat dan Al Hakim dengan menyatakan: โ€œHadits ini shahih menurut kriteria Imam Bukhari dan Muslimโ€ dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ ุนูŽุฑู‘ูŽุงูู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุงู‡ูู†ู‹ุง ููŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ูŽู‡ู ุจูู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽููŽุฑูŽ ุจูู…ูŽุง ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู

โ€œBarangsiapa yang mendatangi peramal atau dukun, lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesungguhnya ia telah kafir terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammadโ€.

ูˆ ู„ุฃุจูŠ ูŠุนู„ู‰ ุจุณู†ุฏ ุฌูŠุฏุŒ ุนู† ุงุจู† ู…ุณุนูˆุฏ ู…ุซู„ู‡ ู…ูˆู‚ูˆูุง

Abu Yaโ€™la pun meriwayatkan hadits mauquf dari Ibnu Masโ€™ud seperti yang tersebut di atas, dengan sanad Jayyid.

Al Bazzar dengan sanad Jayyid meriwayatkan hadits marfuโ€™ dari Imran bin Hushain, bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุทูŽูŠู‘ูŽุฑูŽ ุฃูŽูˆู’ ุชูุทููŠู‘ูุฑูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ุฃูŽูˆู’ ุชูŽูƒูŽู‡ู‘ูŽู†ูŽ ุฃูŽูˆู’ ุชููƒูู‡ู‘ูู†ูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ุฃูŽูˆู’ ุณูŽุญูŽุฑูŽ ุฃูŽูˆู’ ุณูุญูุฑูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ ูƒูŽุงู‡ูู†ู‹ุง ููŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ูŽู‡ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽููŽุฑูŽ ุจูู…ูŽุง ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู

โ€œTidak termasuk golongan kami orang yang meminta dan melakukan Tathayyur, meramal atau minta diramal, menyihir atau minta disihirkan, dan barangsiapa yang mendatangi dukun lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka sesungguhnya ia telah kafir terhadap wahyu yang telah diturunkan kepada Muhammad.

ูˆ ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ุจุฅุณู†ุงุฏ ุญุณู† ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุงุจู† ุนุจุงุณ ุฏูˆู† ู‚ูˆู„ู‡: (ูˆ ู…ู† ุฃุชู‰โ€ฆ)ุฅู„ู‰ ุขุฎุฑู‡

Hadits ini diriwayatkan pula oleh At Thabrani dalam Muโ€™jam Al Ausath dengan sanad hasan dari Ibnu Abbas tanpa menyebutkan kalimat: โ€œdan barangsiapa mendatangi โ€ฆdstโ€.

ู‚ุงู„ ุงู„ุจุบูˆูŠ :(ุงู„ุนุฑุงู : ุงู„ุฐูŠ ูŠุฏุนูŠ ู…ุนุฑูุฉ ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุจู…ู‚ุฏู…ุงุช ูŠุณุชุฏู„ ุจู‡ุง ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณุฑูˆู‚ ูˆ ู…ูƒุงู† ุงู„ุถุงู„ุฉ ูˆ ู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ

Imam Al Baghawi berkata: โ€œAl Arraf (peramal) adalah orang yang mengaku dirinya mengetahui banyak hal dengan menggunakan isyarat-isyarat yang dipergunakan untuk mengetahui barang curian atau tempat barang yang hilang dan semacamnya.

ูˆ ู‚ูŠู„ : ู‡ูˆ ุงู„ูƒุงู‡ู†ุŒ ูˆ ุงู„ูƒุงู‡ู† ู‡ูˆ ุงู„ุฐูŠ ูŠุฎุจุฑ ุนู† ุงู„ู…ุบูŠุจุงุช ููŠ ุงู„ู…ุณุชู‚ุจู„
ูˆ ู‚ูŠู„ : ุงู„ุฐูŠ ูŠุฎุจุฑ ุนู…ุง ููŠ ุงู„ุถู…ูŠุฑ

Ada pula yang mengatakan: โ€œDia adalah Al Kahin (dukun) yaitu: orang yang bisa memberitahukan tentang hal-hal yang ghaib yang akan terjadi di masa yang akan datangโ€
Dan ada pula yang mengatakan: โ€œDia adalah orang yang bisa memberitahukan tentang apa yang ada di hati seseorang.โ€

ูˆ ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุงู„ุนุจุงุณ ุงุจู† ุชูŠู…ูŠุฉ : ุงู„ุนุฑุงู : ุงุณู… ู„ู„ูƒุงู‡ู† ูˆ ุงู„ู…ู†ุฌู… ูˆ ุงู„ุฑู…ุงู„ ูˆ ู†ุญูˆู‡ู… ู…ู…ู† ูŠุชูƒู„ู… ููŠ ู…ุนุฑูุฉ ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุทุฑู‚

Menurut Abu Abbas Ibnu Taimiyah: โ€œAl Arraf adalah sebutan untuk dukun, ahli nujum, peramal nasib dan sejenisnya yang mengaku dirinya bisa mengetahui hal-hal ghaib dengan cara-cara tersebut.โ€

ูˆ ู‚ุงู„ ุงุจู† ุงู„ุนุจุงุณ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง -ููŠ ู‚ูˆู… ูŠูƒุชุจูˆู† [ุฃุจุง ุฌุงุฏ] ูˆ ูŠู†ุธุฑูˆู† ููŠ ุงู„ู†ุฌูˆู…- : ู…ุง ุฃุฑู‰ ู…ู† ูุนู„ ุฐู„ูƒ ู„ู‡ ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡ ู…ู† ุฎู„ุงู‚

Ibnu Abbas berkata tentang orang-orang yang menulis huruf-huruf ุฃุจุง ุฌุงุฏ  sambil mencari rahasia huruf, dan memperhatikan bintang-bintang: โ€œAku tidak tahu apakah orang yang melakukan hal itu akan memperoleh bagian keuntungan di sisi Allahโ€.

: ููŠู‡ ู…ุณุงุฆู„

Kandungan bab ini:

ูก. ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุฌุชู…ุน ุชุตุฏูŠู‚ ุงู„ูƒุงู‡ู† ู…ุน ุงู„ุฅูŠู…ุงู† ุจุงู„ู‚ุฑุขู†

1. Tidak dapat bertemu dalam diri seorang mukmin antara iman kepada Al Qurโ€™an dengan percaya kepada tukang ramal, dukun dan sejenisnya.

ูข. ุงู„ุชุตุฑูŠุญ ุจุฃู†ู‡ ูƒูุฑ

2. Pernyataan bahwa mempercayai ucapan dukun adalah kufur.

ูฃ. ุฐูƒุฑ ู…ู† ุชูƒู‡ู† ู„ู‡

3. Ancaman bagi orang yang minta diramalkan

ูค. ุฐูƒุฑ ู…ู† ุชุทูŠุฑ ู„ู‡

4. Ancaman bagi orang yang minta di-tathayyur-kan

ูฅ. ุฐูƒุฑ ู…ู† ุณุญุฑ ู„ู‡

5. Ancaman bagi orang yang minta disihirkan.

ูฆ. ุฐูƒุฑ ู…ู† ุชุนู„ู… ุฃุจุง ุฌุงุฏ

6. Ancaman bagi orang yang menulis huruf-huruf ุฃุจุงุฌุงุฏ [untuk mencari pelamat rahasia].

ูง. ุงู„ูุฑู‚ ุจูŠู† ุงู„ูƒุงู‡ู† ูˆ ุงู„ุนุฑุงู

7. Perbedaan antara Kahin dan Arraf, [bahwa kahin/dukun ialah orang yang memberitahukan tentang perkara-perkara yang akan terjadi di masa mendatang yang diperoleh dari syetan penyadap berita di langit].

====================

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami
1
Jangan Ragu Bertanya
Assalaamualaikum...