๐ŸŒฟ Malaikat Makhluk Yang Perkasa

โ•”โ•๏ธ๐ŸŒป๐ŸŒคโ•โ•โ• โ€ข| ๏ทฝ |โ€ข โ•โ•โ•๐ŸŒป๐ŸŒคโ•โ•—

๐Ÿ”ฐBULETIN AL-IMAN

Kitab Tauhid (15)
๐ŸŒฟ Malaikat Makhluk Yang Perkasa

Firman Allah :

ุญุชู‰ ุฅุฐุง ูุฒุน ุนู† ู‚ู„ูˆุจู‡ู… ู‚ุงู„ูˆุง ู…ุงุฐุง ู‚ุงู„ ุฑุจูƒู… ู‚ุงู„ูˆุง ุงู„ุญู‚ ูˆู‡ูˆ ุงู„ุนู„ูŠ ุงู„ูƒุจูŠุฑ

โ€œSehingga  apabila  telah  dihilangkan rasa takut  dari hati mereka (malaikat), mereka berkata : apakah yang telah difirmankan oleh Tuhanmu ? mereka menjawab : perkataan yang benar, dan Dialah yang maha tinggi lagi maha besarโ€ (QS. Sabaโ€™, 23)

Diriwayatkan dalam kitab shohihnya Imam Bukhori, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda :

โ€ ุฅุฐุง ู‚ุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฃู…ุฑ ููŠ ุงู„ุณู…ุงุก ุถุฑุจุช ุงู„ู…ู„ุงุฆูƒุฉ ุจุฃุฌู†ุญุชู‡ุง ุฎุถุนุงู†ุง ู„ู‚ูˆู„ู‡ุŒ ูƒุฃู†ู‡ ุณู„ุณู„ุฉ ุนู„ู‰ ุตููˆุงู† ูŠู†ูุฐู‡ู… ุฐู„ูƒุŒ ุญุชู‰ ุฅุฐุง ูุฒุน ุนู† ู‚ู„ูˆุจู‡ู… ู‚ุงู„ูˆุง ู…ุงุฐุง ู‚ุงู„ ุฑุจูƒู… ู‚ุงู„ูˆุง ุงู„ุญู‚ ูˆู‡ูˆ ุงู„ุนู„ูŠ ุงู„ูƒุจูŠุฑ ุŒ ููŠุณู…ุนู‡ุง ู…ุณุชุฑู‚ ุงู„ุณู…ุนุŒ ูˆู…ุณุชุฑู‚ ุงู„ุณู…ุน ู‡ูƒุฐุง ุจุนุถู‡ ููˆู‚ ุจุนุถ โ€“ ูˆุตูู‡ ุณููŠุงู† ุจูƒูู‡ุŒ ูุญุฑูู‡ุง ูˆุจุฏุฏ ุจูŠู† ุฃุตุงุจุนู‡ โ€“ ููŠุณู…ุน ุงู„ูƒู„ู…ุฉ ููŠู„ู‚ูŠู‡ุง ุฅู„ู‰ ู…ู† ุชุญุชู‡ุŒ ุซู… ูŠู„ู‚ูŠู‡ุง ุงู„ุขุฎุฑ ุฅู„ู‰ ู…ู† ุชุญุชู‡ุŒ ุญุชู‰ ูŠู„ู‚ูŠู‡ุง ุนู„ู‰ ู„ุณุงู† ุงู„ุณุงุญุฑ ุฃูˆ ุงู„ูƒุงู‡ู†ุŒ ูุฑุจู…ุง ุฃุฏุฑูƒู‡ ุงู„ุดู‡ุงุจ ู‚ุจู„ ุฃู† ูŠู„ู‚ูŠู‡ุงุŒ ูˆุฑุจู…ุง ุฃู„ู‚ุงู‡ุง ู‚ุจู„ ุฃู† ูŠุฏุฑูƒู‡ุŒ ููŠูƒุฐุจ ู…ุนู‡ุง ู…ุงุฆุฉ ูƒุฐุจุฉุŒ ููŠู‚ุงู„ : ุฃู„ูŠุณ ู‚ุฏ ู‚ุงู„ ู„ู†ุง ูŠูˆู… ูƒุฐุง ูˆูƒุฐุง ุŸ ููŠุตุฏู‚ ุจุชู„ูƒ ุงู„ูƒู„ู…ุฉ ุงู„ุชูŠ ุณู…ุนุช ู…ู† ุงู„ุณู…ุงุกโ€.

โ€œApabila Allah menetapkan suatu perintah diatas langit, para malaikat mengibas ngibaskan sayapnya, karena patuh akan  firmanNya, seolah-olah firman yang didengarnya itu bagaikan gemrincing rantai besi ( yang ditarik ) di atas batu rata, hal ini memekakkan mereka ( sehingga jatuh pingsan karena ketakutan ), โ€œsehingga apabila telah dihilangkan rasa takut dari hati-hati mereka, mereka berkata : โ€œapakah yang telah difirmankan oleh Rabbmu ?โ€  mereka menjawab : โ€œ(perkataan) yang benar, dan Dialah yang maha tinggi lagi maha besarโ€, ketika itulah ( syetan syetan ) pencuri berita mendengarnya, pencuri berita itu sebagian diatas sebagian yang lain Sufyan bin Uyainah (menggambarkan dengan telapak tangannya, dengan direnggangkan dan dibuka jari jemarinya ketika mereka ( penyadap berita) mendengar berita itu, disampaikanlah kepada yang ada dibawahnya, dan seterusnya, sampai ke tukang sihir dan tukang ramal, tapi kadang-kadang syetan pencuri berita itu terkena syihab ( meteor )  sebelum sempat menyampaikan berita itu, dan kadang-kadang sudah sempat menyampaikan berita sebelum terkena syihab, kemudian dengan satu kalimat yang didengarnya itulah tukang sihir dan tukang ramal itu melakukan seratus macam kebohongan, mereka mendatangi tukang sihir dan tukang ramal seraya berkata : bukankah ia telah memberi tahu kita bahwa pada hari anu akan terjadi anu ( dan itu terjadi benar), sehingga ia dipercayai dengan sebab  kalimat yang didengarnya dari langitโ€.

An โ€“ Nawwas bin Samโ€™an menuturkan bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda :

โ€ ุฅุฐุง ุฃุฑุงุฏ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฃู† ูŠูˆุญูŠ ุจุงู„ุฃู…ุฑ ุชูƒู„ู… ุจุงู„ูˆุญูŠ ุฃุฎุฐุช ุงู„ุณู…ูˆุงุช ู…ู†ู‡ ุฑุฌูุฉุŒ ุฃูˆ ู‚ุงู„ : ุฑุนุฏุฉ ุดุฏูŠุฏุฉ ุฎูˆูุง ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ุŒ ูุฅุฐุง ุณู…ุน ุฐู„ูƒ ุฃู‡ู„ ุงู„ุณู…ูˆุงุช ุตุนู‚ูˆุง ูˆุฎุฑูˆุง ุณุฌุฏุงุŒ ููŠูƒูˆู† ุฃูˆู„ ู…ู† ูŠุฑูุน ุฑุฃุณู‡ ุฌุจุฑูŠู„ ุŒ ููŠูƒู„ู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ู…ู† ูˆุญูŠู‡ ุจู…ุง ุฃุฑุงุฏุŒ ุซู… ูŠู…ุฑ ุฌุจุฑูŠู„ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ู„ุงุฆูƒุฉุŒ ูƒู„ู…ุง ู…ุฑ ุจุณู…ุงุก ุณุฃู„ู‡ ู…ู„ุงุฆูƒุชู‡ุง : ู…ุงุฐุง ู‚ุงู„ ุฑุจู†ุง ูŠุง ุฌุจุฑูŠู„ ุŸุŒ ููŠู‚ูˆู„ ุฌุจุฑูŠู„ : ู‚ุงู„ ุงู„ุญู‚ ูˆู‡ูˆ ุงู„ุนู„ูŠ ุงู„ูƒุจูŠุฑุŒ ููŠู‚ูˆู„ูˆู† ูƒู„ู‡ู… ู…ุซู„ ู…ุง ู‚ุงู„ ุฌุจุฑูŠู„ุŒ ููŠู†ุชู‡ู‰ ุฌุจุฑูŠู„ ุจุงู„ูˆุญูŠ ุฅู„ู‰ ุญูŠุซ ุฃู…ุฑู‡ ุงู„ู„ู‡ โ€.

โ€œApabila Allah hendak mewahyukan perintahnya, maka Dia firmankan wahyu tersebut, dan langit-langit bergetar dengan kerasnya karena takut kepada Allah, dan ketika para malaikat  mendengar firman tersebut mereka pingsan dan bersujud, dan diantara mereka yang pertama kali bangun adalah Jibril, maka Allah sampaikan wahyu yang Ia kehendakiNya kepadanya, kemudian Jibril melewati para malaikat, setiap ia melewati langit maka para penghuninya bertanya kepadanya : โ€œapa yang telah Allah firmankan kepadamu ?โ€, Jibril menjawab : โ€œDia firmankan yang benar, dan Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Besar, dan seluruh malaikat yang ia lewati bertanya kepadanya seperti pertanyaan pertama, demikianlah sehingga Jibril menyampaikan wahyu tersebut sesuai dengan yang telah diperintahkan oleh Allah kepadanya.โ€

ููŠู‡ ู…ุณุงุฆู„ :
Kandungan bab:

ูก. ู…ุง ููŠ ุง๏ปตูŠุฉ ู…ู† ุงู„ุญุฌุฉ ุนู„ู‰ ุฅุจุทุงู„ ุงู„ุดุฑูƒุŒ ุฎุตูˆุตุง ู…ู† ุชุนู„ู‚ ุนู„ู‰ ุงู„ุตุงู„ุญูŠู† ุŒูˆ ู‡ูŠ ุง๏ปตูŠุฉ ุงู„ุชูŠ ู‚ูŠู„ : ุฅู†ู‡ุง ุชู‚ุทุน ุนุฑูˆู‚ ุดุฌุฑุฉ ุงู„ุดุฑูƒ ู…ู† ุงู„ู‚ู„ุจ

1. Ayat tersebut mengandung argumentasi yang memperkuat kebatilan syirik, hususnya yang berkaitan dengan orang-orang sholeh, dan ayat itu juga memutuskan akar-akar pohon syirik yang ada dalam hati seseorang.

ูข. ุฐูƒุฑ ุฃู† ุฃูˆู„ ู…ู† ูŠุฑูุน ุฑุฃุณู‡ ุฌุจุฑูŠู„

2. Menyebutkan bahwa malaikat yang pertama kali mengangkat kepalanya adalah Jibril.

ูฃ. ุฃู†ู‡ ูŠู‚ูˆู„ ู„ุฃู‡ู„ ุงู„ุณู…ุงูˆุงุช ูƒู„ู‡ู… ุ›ู„ุฃู†ู‡ู… ูŠุณุฃู„ูˆู†ู‡

3. Jibril memberikan jawaban tersebut kepada seluruh  malaikat penghuni langit, karena mereka bertanya kepadanya.

ูค. ุฃู† ุงู„ุบุดูŠ ูŠุนู… ุฃู‡ู„ ุงู„ุณู…ุงูˆุงุช ูƒู„ู‡ู…

4. Para malaikat penghuni langit jatuh pingsan ketika mendengar firman Allah.

ูฅ. ุงุฑุชุฌุงู ุงู„ุณู…ุงูˆุงุช ู„ูƒู„ุงู… ุงู„ู„ู‡

5. Langitpun bergetar keras ketika mendengar firman Allah itu.

ูฆ. ุฃู† ุฌุจุฑูŠู„ ู‡ูˆ ุงู„ุฐูŠ ูŠู†ุชู‡ูŠ ุจุง ุงู„ูˆุญูŠ ุฅู„ู‰ ุญูŠุซ ุฃู…ุฑู‡ ุงู„ู„ู‡

  1. Jibril adalah malaikat yang menyampaikan wahyu itu ketujuan yang telah diperintahkan Allah kepadanya.

ูง. ุฐูƒุฑ ุงุณุชุฑุงู‚ ุงู„ุดูŠุงุทูŠู†

7. Menyebutkan tentang adanya syetan-syetan yang mencuri berita wahyu.

ูจ. ุฃู†ู‡ ุชุงุฑุฉ ูŠุฏุฑูƒู‡ ุงู„ุดู‡ุงุจ ู‚ุจู„ ุฃู† ูŠู„ู‚ูŠู‡ุง ููŠ ุฃุฐู† ูˆู„ูŠู‡ ู…ู† ุงู„ุฅู†ุณ ู‚ุจู„ ุฃู† ูŠุฏุฑูƒู‡

8. Adakalanya syetan pencuri berita itu terkena meteor  sebelum sempat menyampaikan berita yang didengarnya, dan adakalanya sudah sempat menyampaikan berita ke telinga manusia yang menjadi abdinya sebelum terkena meteor.

ูฉ. ูƒูˆู† ุงู„ูƒุงู‡ู† ูŠุตุฏู‚ ุจุนุถ ุงู„ุฃุญูŠุงู†

9. Adakalanya ramalan tukang ramal itu benar.

ูกู  ูƒูˆู†ู‡ ูŠูƒุฐุจ ู…ุนู‡ุง ู…ุฆุฉ ูƒุฐุจุฉ

10. Dengan berita yang diterimanya ia melakukan seratus macam kebohongan.

ูกูก. ุฃู†ู‡ ู„ู… ูŠุตุฏู‚ ูƒุฐุจู‡ ุฅู„ุง ุจุชู„ูƒ ุงู„ูƒู„ู…ุฉ ุงู„ุชูŠ ุณู…ุนุช ู…ู† ุงู„ุณู…ุงุก

11. Kebohongannya tidak akan dipercaya kecuali karena adanya berita dari langit ( melalui syetan penyadap berita ).

ูกูข. ู‚ุจูˆู„ ุงู„ู†ููˆุณ ู„ู„ุจุงุทู„ุŒูƒูŠู ูŠุชุนู„ู‚ูˆู† ุจูˆุงุญุฏุฉ ูˆ ู„ุง ูŠุนุชุจุฑูˆู† ุจู…ุฆุฉ ูƒุฐุจุฉ

12. Kecenderungan manusia untuk menerima suatu kebatilan, bagaimana mereka bisa bersandar hanya kepada satu kebenaran saja yang diucapkan oleh tukang ramal, tanpa memperhitungkan atau mempertimbangkan seratus kebohongan yang disampaikannya.

ูกูฃ. ุงุซุจุงุช ุงู„ุตูุงุช ุฎู„ุงูุง ู„ู„ู…ุนุทู„ุฉ

13. Menetapkan sifat sifat Allah ( seperti yang terkandung  dalam hadits di atas ), berbeda dengan faham Asyโ€™ariyah yang mengingkarinya.

ูกูค. ุงู„ุชุตุฑูŠุญ ุจุฃู† ุชู„ูƒ ุงู„ุฑุฌูุฉ ูˆ ุงู„ุบุดูŠ ุฎูˆูุง ู…ู† ุงู„ู„ู‡

14. Penjelasan bahwa bergetarnya langit dan pingsannya para malaikat itu disebabkan karena rasa takut mereka kepada Allah.

Sebarkan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami
1
Jangan Ragu Bertanya
Assalaamualaikum...