Sebab Pandemi Menurut Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

0 Comments

Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah mengatakan:

“Tidak diragukan lagi bahwa membiarkan kaum wanita bercampur baur dengan kaum lelaki merupakan sumber segala bencana dan keburukan, dan hal tersebut merupakan salah satu sebab turunnya hukuman dan azab secara umum, sebagaimana hal tersebut juga merupakan salah satu sebab rusaknya urusan umum dan khusus.

Dan campur-baur (Ikhtilath) antara laki-laki dan perempuan merupakan sebab menjamurnya perbuatan keji dan zina, bahkan termasuk salah satu sebab terjadinya kematian massal dan wabah penyakit (epidemi-pandemi) yang berkesinambungan (tiada-henti).

Ketika para pelacur bercampur-baur dengan bala tentara Nabi Musa Alahihis Salam sehingga perbuatan zina merajalela di tengah-tengah mereka, Allah pun mengirim Tha’un (wabah penyakit menular) pada mereka, dan dalam satu hari 70.000 orang tewas. Kisah ini populer di kitab-kitab Tafsir.

Di antara sebab terbesar kematian massal adalah banyaknya kasus perzinaan akibat kaum wanita dibebaskan bercampur-baur dengan kaum lelaki dan dibolehkan berjalan di tengah-tengah mereka dengan menampakkan perhiasan dan kecantikan mereka.

Andai saja pemerintah mengetahui  hal tersebut yang menyebabkan rusaknya dunia dan rakyat sebelum rusaknya agama, pasti mereka akan berada di garda terdepan dalam melarang hal tersebut (melarang kaum wanita  bercampur baur dengan kaum lelaki).”

(Ath-Thuruq Al Hukmiyyah, karya Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyyah, hal 724)

Sebarkan...

Open chat
1
Hubungi kami
Assalaamu'alaikum
Kami siap membantu!